Friday 23 October 2015

Aplikasi penggunaan minyak olahan plastik antara lain diesel generator sets untuk pembangkit listrik, bahan bakar untuk pompa pengairan atau irigasi, dsb

Plastik selain dapat digunakan sebagai tempat pengemas, limbahnya dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi suatu yang berguna, salah satunya menjadi minyak. Namun tidak semua plastik dapat diolah (secara optimal) menjadi minyak, seperti beberapa jenis plastik PET, PVC, PS. Demikian pula halnya ban bekas dan aneka sampah karet ( sol sepatu, dan sejenisnya)

Dengan Proses pirolisis dilakukan pada suhu 400 – 450 derajat Celcius tanpa menggunakan katalis. Hasil pirolisis dari campuran PE dan PP akan menghasilkan bahan bakar cair yang setara dengan bensin, kerosene, solar dan heavy oil, dimana persentase keempatnya tergantung dari persentase campuran PE dan PP yang diinputkan ke dalam reaktor. Sedangkan cairan hasil pirolisis PS hanya mengandung styrenemonomer, styrene dimer dan styrene trimer, yang jika dimurnikan akan menjadi bahan baku dari plastik. Selain itu hasil pirolisis PS juga dapat digunakan sebagai campuran bahan bakar cair lain dengan persentase kurang dari 20%.

Aplikasi penggunaan minyak olahan plastik antara lain diesel generator sets untuk pembangkit listrik, bahan bakar untuk pompa pengairan atau irigasi, bahan bakar untuk boiler, bahan bakar untuk transport publik, input minyak mentah untuk kilang minyak, untuk sumber bahan bakar lainnya. Plastik tersebut dipanaskan untuk menghasilkan gas selanjutnya gas didinginkan untuk menghasilkan minyak, gas dan karbon. (*)

Referensi teknologi, http://www.kencanaonline.biz/2015/07/reaktor-pirolisis-sampah-plastik-ban.html

http://www.kencanaonline.biz/2015/07/reaktor-pirolisis-sampah-plastik-ban.html

http://www.kencanaonline.biz/2015/07/reaktor-pirolisis-sampah-plastik-ban.html —  bersama Reni Herawati, Sonson Garsoni dan Sonson Garsoni di KencanaOnline.Com

Comments
0 Comments

0 komentar

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan dan santun. Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat!