Thursday 22 October 2015

Modifikasi reaktor pirolisis dalam

Panas yang dihasilkan dari pembakaran sampah beracun, berbau dan berbahaya (B3), sampah medis suatu rumah sakit maupun sampah lainnya dalam incenerator, selama ini terbuang sia-sia. Dilain pihak, bahan bakar bagi pengoperasian incenerator pun makin mahal. Untuk membangun sistim produksi bersih (zero waste) dalam pengelolaan sampah, khususnya menjalankan incenerator mandiri energi, panas yang selama ini terbuang tersebut dapat digunakan menjadi input energi dalam reaksi destilasi kering plastik ( Pirolisis ) dalam suatu reaktor yang ditempatkan dalam incenerator.

Reaktor kedap udara ( anaerobik) ini berfungsi bagi pengolahan sampah plastik ( PET, PP, PE, styrofoam) secara pirolisis, dari setiap biji plastik bersih akan dihasilkan minyak bakar. Selanjutnya jenis minyak ini, disamping sebagai bahan bakar incenerator menjadi mandiri energi, akan terdapat surplus untuk menyalakan genset, menjalankan mesin pencacah dan pencuci plastik, engine di Rice Mill Unit (RMU) maupun engine statis lainnya.

Berbagai jenis sampah plastik ( PET, PP, HDPE, styrofoam, maupun keresek) dalam reaktor pembakaran suhu tinggi ( > 800 derajat Celcius) dan kedap udara di dalam incenerator akan mencapai titik didih sempurna hingga menjadi uap, aman secara lingkungan.

Material instalasi Reaktor pirolisis bagi modifikasi incenerator dibuat dari bahan stainless steel khusus, berdimensi PLT ( 100 cm x 40 cm x 50 cm), berkemampuan menerima panas hingga 1000 derajat Celcius, dilengkapi manifold input untuk pengisian bijih plastik secara kontinyu serta dilengkapi kondensat berupa pipa stainless 1 inchi, panjang 2 m. Perangkap tar dibuat dari kaca ( Pyrex glass) dan penampung minyak bakar terbuat dari glass tahan panas ( Pyrex glass).

Instalasi reaktor ini berkemampuan mengubah 25 kg biji plastik per 2-3 jam atau, jika dijalankan 24 jam terus menerus sesuai dengan kemampuan incenerator melakukan pembakaran non-stop, dapat mengolah 300 kg biji plastik/ hari dengan output 270 liter minyak bakar/ hari.

Referensi, http://kencanaonline.com/online/product_info.php?products_id=1116 —  bersama Nasaruddin Amin, Sonson Garsoni, Reni Herawati dan Sonson Garsoni di KencanaOnline.Com

Comments
0 Comments

0 komentar

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan dan santun. Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat!