Saturday 31 October 2015

Soekarno: Rokok, Pergaulan, dan Keluarga

Dalam beberapa kesempatan proklamator dan presiden pertama Indonesia, Soekarno terekam kamera sedang merokok. Terkait rokok, pemimpin kharismatik ini juga punya kebiasaan-kebiasaan unik.

Misalnya, konon Bung Karno tidak pernah menghisap rokok sampai habis. Ia lebih sering mematikan roko, bila masih tersisa setengah. Aktivitas merokok sering dilakukannya selepas makan. Selepas mengisi perut, ia akan senang sekali bila bisa menyantap buah dan menghisap rokok.

Bung Karno juga kerap menjadikan rokok sebagai medium untuk bermain-main dengan anaknya. Alkisah, dari ubun-ubun anaknya Rachmawati Soekarnoputri sering terlihat asap mengepul, yang berasal dari rokok Bung Karno.

Biasanya, selepas makan, Bung Karno sering menyisakan satu hisapan terakhirnya untuk ditiup di kepala Rachmawati. Asap yang ditiupkan di rambut Rachma, tentu menyisakan kepulan asap dari atas kepala. Apalagi, putri-putri Bung Karno semua memanjangkan rambutnya. “Saya sangat senang kalau Bapak melakukan itu….” ujar Rachma.

Setelah semua asap disemburkan ke ubun-ubun Rachma, biasanya sambil berdiri Bung Karno tertawa dan berkata, “Naaah… rambutnya kebakaran… makanya selalu pirang seperti rambut jagung….” Bung Karno tertawa, Guntur, Mega, Sukma, dan Guruh pun terpingkal-pingkal.
Indonesia Tempoe Doeloe

Comments
0 Comments

0 komentar

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan dan santun. Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat!