Sunday 11 October 2015

KOALISI ARAB GERAKKAN PATRIOT KE DEKAT YAMAN.

Koalisi pimpinan Arab dilaporkan telah menggerakkan sistem pertahanan udara Patriot di pangkalan wilayah Provinsi Marib yang merupakan garis depan pertempuran dengan Houthi di Yaman. Pergerakan ini terdeteksi dari citra satelit Airbus Defense and Space yang dirilis ke publik.

Citra satelit yang diambil pada 1 Oktober 2015 dan dilaporkan IHS Jane Sabtu 10 Oktober 2015 menunjukkan dua sistem penembakan patriot dengan radar AN / MPQ-53/65 dan dua peluncur, berada di ujung lapangan terbang Safir di Marib. Sebanyak enam helikopter serang AH-64 Apache dan dua UH-60 Black Hawk serta satu CH-47 Chinook juga terlihat di area tersebut.
Penyebaran sistem Patriot menegaskan adanya ancaman rudal balistik yang berkelanjutan terhadap pangkalan tersebut.

Kelompok Ansar mengklaim pada 4 September diluncurkan rudal balistik jarak pendek OTR-21 ke Tochka di pangkalan Safir. Koalisi tidak pernah dikonfirmasi klaim itu, tapi dilaporkan kerusakan berat dialami pangkalan.
Kantor berita resmi Uni Emirat Arab (UEA) WAM awalnya melaporkan bahwa 22 tentara Emirat tewas di Yaman.

Sementara media Saudi mengutip Brigjen Ahmed al-Asiri, juru bicara militer kerajaan, mengatakan bahwa 10 tentara Saudi tewas dalam serangan rudal di Marib. Sedang Kantor Berita Bahrain mengumumkan kematian lima tentara mereka yang juga dikerahkan untuk melindungi perbatasan selatan Arab Saudi tanpa mengatakan mereka tewas dalam insiden yang sama di Yaman.

Yaman terletak kurang dari 2 km ke barat daya dari pangkalan di mana koalisi itu mendirikan struktur baru untuk mendukung operasinya.

Comments
0 Comments

0 komentar

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan dan santun. Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat!