Friday 9 October 2015

TURKI MEMINTA NATO PERTAHANKAN RUDAL PATRIOT

Turki meminta sekutu NATO untuk mempertahankan keberadaan sistem rudal Patriot di negara tersebut guna melawan serangan rudal dari Suriah. Hal itu disampaikan Turki di tengah rencana Jerman dan Amerika untuk menarik baterai Patriot mereka yang ditempatkan di Turki.

Setelah insiden pelanggaran wilayah udara oleh jet tempur Rusia, Ankara mendesak pimpinan NATO dan Amerika untuk tetap menyebarkan sistem pertahanan udara tersebut. Permintaan itu disampaikan Turki dalam pertemuan Menteri Pertahanan di Brussel Jerman.

Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, mengatakan pihaknya siap mengirim pasukan darat untuk membela Turki.

Tetapi Menteri Pertahanan Jerman mengatakan Berlin akan tetap melaksanakan rencana untuk menonaktifkan baterai Patriot di Turki pekan depan dan menarik sebagian besar personel sebelum Natal. Seluru pasukan dan peralatan akan selesai ditarik pada akhir Januari 2016. “Keputusan ini [menarik Patriot) adalah benar,” kata Ursula von der Leyen Kamis 9 Oktober 2015.

NATO megnerahkan rudal Patriot di Januari 2013 di Turki dan Spanyol sekarang memiliki baterai di negara tersebut untuk menghadapi rudal balistik yang diluncurkan oleh Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Amerika Serikat juga akan menarik penyebaran Patriot dengan alasan untuk modernisasi. Prancis dan Italia kemungkinan bersedia bergabung Spanyol, tetapi belum ada keputusan telah diambil.

Menteri Pertahanan Spanyol Pedro Morenes mengatakan pekan ini bahwa meskipun ia prihatin dengan serangan Rusia ke wilayah udara Turki, Patriot mereka yang dikerahkan ke Rusia hanya akan digunakan untuk melawan rudall yang datang dari Suriah.

Sejak 2012, NATO telah mendeteksi beberapa ratus peluncuran rudal balistik Suriah, Pejabat di koalisi pimpinan AS Stoltenberg mengatakan dukungan aliansi dari 28 sekutunya tak tergoyahkan.

“NATO siap dan mampu mempertahankan semua sekutu, termasuk Turki dari ancaman apapun,” katanya sambil tiba untuk pertemuan.

“NATO telah merespon dengan meningkatkan kapasitas kita, kemampuan kita, kesiapan kita untuk mengerahkan pasukan termasuk ke selatan, termasuk di Turki,” katanya.

Comments
0 Comments

0 komentar

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan dan santun. Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat!