Wednesday 7 October 2015

AS-TURKI ANCAM TEMBAK PESAWAT RUSIA

AS dan Turki mengancam akan menembak jatuh pesawat tempur Rusia jika mereka nyasar ke wilayah udara Turki, menyusul pelanggaran sesaat oleh pesawat militer Rusia di perbatasan Suriah-Turki.

“Aturan Turki berlaku untuk semua pesawat, baik itu Suriah [atau] Rusia. Akan diambil langkah-langkah tegas terhadap siapa pun yang melanggar perbatasan Turki, bahkan jika itu burung”, kata Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu sebagaimana dikutip koran EUobserver yang berbasis di Brussels.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry setuju dengan keputusan itu dan mengatakan pelanggaran udara akan mengakibatkan penembakan pesawat.

“Kami sangat prihatin tentang hal itu karena bisa menjadi dasar penembakan,” katanya sebagaimana dikutip Reuters.

Sebelumnya, pada tanggal 3 Oktober, sebuah pesawat perang Rusia melanggar wilayah udara Turki di Provinsi Hatay, yang terletak hanya 50 km sebelah utara dari pangkalan udara Rusia.

Igor Konashenkov, seorang pejabat pertahanan Rusia, mengatakan bahwa insiden Sabtu melibatkan tempur Sukhoi-30 yang melintasi perbatasan Suriah-Turki untuk beberapa detik karena kondisi cuaca yang tidak menguntungkan. Rusia juga berjanji untuk tidak mengulangi kejadian tersebut.

Comments
0 Comments

0 komentar

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan dan santun. Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat!