Friday 9 October 2015

CHINA AKAN BERSIKAP TEGAS JIKA AS KIRIM KAPAL PERANG KE LCS

BEIJING - Rencana Amerika Serikat (AS) yang akan mengirimkan kapal perang mereka ke Laut China Selatan, mendapat tanggapan tegas dari China. Jika sebelumnya China masih bersikap datar atas kabar itu, kini Pemerintah Negeri Tirai Bambu telah menunjukkan sikap tegas mereka.

China mengaku tak akan tinggal diam menyaksikan pelanggaran perairan teritorial mereka, atas nama kebebasan navigasi yang diusung AS. Rencananya, dua pekan mendatang, AS akan mengirimkan kapal perang mereka ke zona 12 mil laut dari pulau buatan China di Kepulauan Spratly.

“Kami tak akan pernah membiarkan negara manapun melanggar perairan teritorial dan wilayah udara China di Kepulauan Spratly, meski atas nama kebebasan navigasi,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (9/10).

"Kami mendesak pihak terkait untuk tidak mengambil tindakan provokatif dan benar-benar mengambil sikap yang bertanggung jawab atas nama perdamaian dan stabilitas," lanjut Chunying, menanggapi kemungkinan patrol kapal perang AS di wilayah Laut China Selatan.

AS dan sekutu-sekutunya di Asia, termasuk Jepang, telah mendesak China untuk menghentikan pembangunan pulau buatan di Kepulauan Spratly. Presiden China Xi Jinping mengatakan, pihaknya tidak berniat untuk membangun fasilitas militer di wilayah tersebut. Sementara Washington menuding China telah membangun fasilitas militer di pulau buatan tersebut.

Comments
0 Comments

0 komentar

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan dan santun. Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat!